sponsor

sponsor

Slider

Recent Tube

kriminalitas

nasional

ekonomi

politik

peristiwa

Regional

» » Pengaruh Dan Bahaya Gadget Bagi Anak Dibawah Umur

Teknologi digital membuat anak-anak kini tidak lagi menyentuh permainan tradisional. Jari-jari kecil mereka lebih sering melekat pada layar smartphone atau tablet dengan pandangan mata serius tertuju pada layar sentuh. Ya keberadaan Gadget ibarat 2 sisi mata uang, di satu sisi memudahkan melakukan banyak hal namun di sisi lain bisa berdampak negatif bagi kondisi fisik dan mental penggunanya terutama bagi anak-anak.
Bahaya Gadget Bagi Anak Dibawah Umur
Peranan Gadget Bagi perkembangan Anak
"kita sekarang ini hidup di era digital di mana memang perkembangan anak-anak harus kita awasi karena ada kaitannya juga dengan perkembangan digital tadi. Memang teknologi membantu tapi jangan lupa bahwa ada efek-efek yang lainnya juga yang mungkin bisa mengarah ke hal-hal yang sifatnya negatif" ujar Ajeng Raviando Psikolog UI.

Dari kaca mata kesehatan anak dampak radiasi sinar biru atau Blue Light yang berasal dari layar Gatget juga bisa menyebabkan mata kering, mata lelah hingga kerusakan pada retina.

"biasanya yang banyak kita jumpai adalah ini matanya ya, anak itu matanya menjadi misalnya sering capek atau kadang pusing ya pusing yang berlebihan kadang kita tidak tahu ini apa penyebabnya gak tahunya karena dia main Gadget yang berlebihan juga penglihatannya juga ya. Bahkan posisi tubuh juga bisa menyebabkan misalnya kenyerian atau sakit pada daerah tertentu misalnya posisi pada saat dia main itu tidak proposionis ya jadi tulang belakangnya juga bisa terganggu" ucap Dr. dr. Nita Ratna Dewanti SP.A Dokter Spesialis Anak.

Berlama-lama bermain gadget juga bisa menghambat pertumbuhan anak bahkan menyebabkan obesitas. Dampak negatif lainnya terutama adalah risiko kejiwaan. Menurut sejumlah penelitian anak-anak yang kecanduan bermain gadget sulit memanage waktu untuk kegiatan lainnya. Di sekolah pun mereka tidak fokus mengikuti pelajaran dan mudah bosan berada di kelas. Di sinilah peran orang tua di tuntut untuk lebih waspada. Orang tua juga harus lebih bijak memberikan fasilitas perangkat elektronik dengan di sertai pengawasan dalam menggunakannya.

Tidak jarang banyak orang tua yang salah kaprah menyikapi kemajuan teknologi bagi anak-anak mereka. Alih-alih menyenangkan anak, perangkat gadget justru bisa berdampak negatif.

"kalau kita lihat ya di zaman sekarang banyak orang tua bahkan sejak bayi sudah memberikan anak-anaknya perangkat gadget tanpa memikirkan akibatnya nantinya" kata Ajeng Raviando Psikolog UI.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply